//
Selamat Datang di Blog Matematika SMA Muhammadiyah 1 Pringsewu - Lampung

Selasa, 18 Desember 2012

Prediksi Sebaran Soal UN Matematika SMA/MA



Dalam rangka untuk menghadapi Ujian Nasional 2012/2013, pada kesempatan kali ini saya ingin share prediksi sebaran soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Program Studi : IPS/Keagamaan bagi siswa SMA/MA.
Prediksi ini berdasarkan pada Kisi-kisi soal UN Matematika Tahun Pelajaran 2012/2013 dan soal-soal pada UN tahun sebelumnya.
Semoga share ini bisa memberikan acuan ataupun gambaran untuk Ujian Nasional 2013 Mata Pelajaran Matematika.
Kesempatan waktu masih cukup lama, sehingga dapat lebih mempersiapkan diri sebanyak-banyaknya dengan mengadakan latihan maupun mengikuti try-out yang dilaksanakan baik oleh sekolah maupun lembaga-lembaga pendidikan lainnya.



PREDIKSI SEBARAN SOAL UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA PROGRAM IPS/KEAGAMAAN
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
No.
KOMPETENSI
INDIKATOR
JUMLAH
SOAL
1.

Menggunakan logika matematika
dalam pemecahan masalah.



Menentukan ingkaran atau kesetaraan
dari suatu pernyataan majemuk atau
pernyataan berkuantor.
2
Menentukan kesimpulan dari beberapa
premis.
1
2.

Memahami konsep yang berkaitan
dengan aturan pangkat, akar dan
logaritma, fungsi aljabar
sederhana, fungsi kuadrat dan
grafiknya, persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat,
komposisi dan invers fungsi,
sistem persamaan linear, program
linear, matriks, barisan dan deret,
serta mampu menggunakannya
dalam pemecahan masalah.


Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi kuadrat.
3
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.
2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
2
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
1
Menentukan penyelesaian dari sistem
persamaan linear dua variabel.
1
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
1
Menentukan nilai optimum bentuk
objektif dari daerah himpunan
penyelesaian sistem pertidaksamaan
linear.
1
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan program linear.
1
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan, dan atau invers matriks.
3
Menentukan suku ke-n atau jumlah n
suku pertama deret aritmetika atau
geometri.
2
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan barisan dan
deret aritmetika.
1
3.

Memahami limit fungsi aljabar,
turunan fungsi, nilai ekstrim, dan
integral fungsi serta
menerapkannya dalam
pemecahan masalah.


Menghitung nilai limit fungsi aljabar.
2
Menentukan turunan fungsi aljabar
dan aplikasinya.
2
Menentukan integral fungsi aljabar.
1
Menentukan luas daerah dengan
menggunakan integral.
1
4.

Mengolah, menyajikan, dan
menafsirkan data dan memahami
kaidah pencacahan, permutasi,
kombinasi dan peluang kejadian
serta mampu menerapkannya
dalam pemecahan masalah.


Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan kaidah
pencacahan, permutasi, atau
kombinasi.
3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian.
1
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang.
2
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam bentuk tabel atau diagram.
2
Menentukan nilai ukuran penyebaran.
2

JUMLAH
40

Cobalah, secara jujur cek kemampuan yang sudah dicapai, dan pada indikator-indikator mana yang masih harus banyak belajar atau latihan-latihan, dan cobalah dihitung seberapa banyak jumlah prediksi  soal yang telah dikuasai. Hal ini penting untuk memprediksi seberapa besar materi Matematika yang sudah dikuasai atau masih harus dipelajari lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat
Pringsewu, 18 Desember 2012

Tidak ada komentar :